Minggu, 13 September 2015

Sejarah Kota Cirebon

Kota Cirebon ini salah satu kota yang ada di Provinsi Jawa Barat, itu provinsi yang identik dengan orang sunda itu, tau kan.?



Kota ini berada di pesisir utara Pulau Jawa atau yang biasa orang menyebutnya jalur pantura yang menjadi jalur antara Jakarta,Cirebon,Semarang dan Surabaya.
Awalnya sih Cirebon itu bernama sarumban, kampung kecil yang dibuat sama Ki Gedeng Tapa. Tapi, lama-kelamaan Cirebon berubah menjadi desa yang rame banget lalu dikasih nama Caruban ( yaa,  carub dalam bahasa Cirebon itu artinya bersatu padu). hahaha. Kaya pribahasa aja ya. Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh. Diberi nama kaya gituh soalnya di sana bercampur banyak pendatang dari macem - macem bangsa diantaranya Sunda, Jawa, Tionghoa, dan budaya bangsa Arab,  agama, bahasa, dan adat istiadat. Terus, pelafalan kata caruban diganti deh menjadi carbon dan setelah itu menjadi cerbon. Bingung ya, gonta ganti mulu, hehehe.

Selain karena pemberian nama tempat, penyebutan kata Cirebon juga soalnya dari pertama sebagian besar orang yang tinggal di sana itu nelayan, jadi berkembanglah pekerjaan nangkep ikan dan rebon (sejenis udang kecil gituh) di sepanjang pantai, dan juga pembuatan terasi, petis dan garam. Dari penyebutan air bekas pembuatan terasi atau yang dalam bahasa Cirebonnya itu disebut belendrang yang terbuat dari sisa pengolahan udang rebon inilah berkembang sebutan cai-rebon (itu bahasa sunda, yang artinya itu : air rebon), dan terus jadi deh cirebon.


Nah, saat ini Cirebon sudah menjadi Kota yang besar dan menjadi salah satu kota pariwisata dan terkenal juga dengan kulinernya. Terbukti dengan banyaknya hotel-hotel dan mall-mall yang megah berdiri di kota Cirebon. Diantaranya Metland Hotel di Cirebon, yang letaknya deket sama stasiun Cirebon dan lokasi – lokasi wisata. DI Metland Hotel ada Umah Kebon, yang terdapat gallery budaya Cirebon. Gimana, tertarik engga dateng ke kota ini.? Kalau iya, sini aja berkunjung.






1 komentar:

  1. Snow Peak Titanium Spork - Home - The Titanium Art
    Snow Peak Titanium Spork. Description. Product Description. titanium price per ounce This ford focus titanium high-octane snow, the most beautiful and enchanting winter snow, babyliss pro nano titanium straightener is made is titanium a metal with some of titanium banger the most

    BalasHapus